Kamis, 12 Februari 2009

belajar photoshop cs

PENGANTAR
PHOTOSHOP CS


Adobe Creative Suite adalah sebuah paket program terpadu yang terdiri atas Photoshop CS, Illustrator CS, InDesign CS, GoLive CS ditambah dengan Adobe Acrobat 6. Sedangkan Photoshop adalah sebuah program image editing yang sudah menjadi standar bagi dunia industri pengolohan citra dan penerbitan. Pada versi terbaru ini,
Banyak orang yang telah lama bekerja dengan Photoshop, namun tidak jarang mereka belum menguasai benar dasar-dasar tentang image bitmap serta konsep program pengolah bitmap seperti Photoshop mi. Dengan disertai pemahaman yang baik, diharapkan kita dapat mengembangkan kreasi serta hasil kerja dengan Photoshop.

1.1 Image Raster dan Vector
Sebagaimana kita ketahui, di dalam dunia digital image ada dua jenis gambar utama, yaitu image raster atau juga disebut bitmap dan image vector. Pada dasamya, dapat dikatakan bahwa Photoshop adalah program pengolah image raster, sedangkan Adobe Illustrator adalah program pengolah image vektor. Oleh karenanya, kedua program ini saling melengkapi dalam menghasilkan karya grafis.
Image Raster terbentuk dalam suatu pola grid, yaitu terdiri atas pixel yang tersusun dalam baris-baris dan kolom-kolom.
Pixel adalah satuan terkecil dan raster. Ia berupa kotak berbentuk bujur sangkar (untuk digital video) maupun persegi panjang atau non- square pixel. Photoshop CS memiliki nonsquare pixel. Sebuah pixel dapat berisi satu warna, dan satu sama lain mungkin akan memiliki warna yang berbeda sehingga justru dan perbedaan itulah akan terbentuk suatu image. Setiap pixel dalam suatu image selalu mempunyai ukuran yang sama. Setiap pixel bersifat independen, oleh karena itulah tidak ada istilah “objek” dalam image raster.
Image vector adalah gambar yang disusun atas kumpulan garis-garis dan kurva-kurva yang disusun secara matematika. Objek-objek gambar itu pada dasamya disebut sebagai vektor, yaitu komputer mencatat posisi titik ujung dan pangkalnya sesuai dengan posisi koordinatnya masing-masing. Sebuah image vector dapat dipindah-pindahkan posisinya, diubah ukurannya maupun diubah warnanya tanpa mempengaruhi kualitas gambarnya. Sebuah vector graphic dapat diperbesar maupun diperkecil hingga maksimal dengan hasil sama bagusnya. Image Vector bagus dipergunakan untuk gambar-gambar outline, logo maupun gambar ilustrasi karena mudah direproduksi dan ditampilkan pada resolusi layar berapa pun tanpa kehilangan detail.

1.2 Mengenal Lingkungan Kerja Photoshop CS
Bagi Anda yang baru mengenal Photoshop, maupun Anda yang melakukan upgrade dan Photoshop versi-versi terdahulu mungkin perlu mengenali lingkungan kerja pada Photoshop CS.
Menu Bar, tempat ditampilkannya menu-menu utama pada Photoshop CS. Untuk menampilkan isi menu klik nama menu sehingga akan muncul isi menunya.

Tidak ada komentar: